Header Ads

Kaidah Dan Fungsi Penulisan Huruf Miring Dalam Materi Bahasa Indonesia

Kaidah Dan Fungsi Penulisan Huruf Miring Dalam Materi Bahasa Indonesia

Setelah kita belajar mengenai Kaidah Penulisan Huruf Kapital Dalam Pedoman Umum EYD. Nah kali ini akan kita teruskan belajar bahasa indonesia mengenai Kaidah penulisan huruf miring. Mulai dari pengertian huruf miring, contoh penulisan huruf miring cara penulisan dan fungsi penggunaan huruf miring.

Kalau kalain gemar sekali membaca tentunya kalian sering menemukan kalimat maupun kata yang di cetak miring. Nah kalau kalian masih bingung tentang kenapa sih tulisa itu atau kalimat itu di cetak dengan huruf miring, Di bawah ini ada penjelasannya untuk kalian. 

Kaidah Dan Fungsi Penulisan Huruf Miring Dalam Materi Bahasa Indonesia


Sebuah huruf, kata, atau kalimat ditulis dengan huruf miring untuk membedakan dari huruf, kata, atau kalimat lain dalam sebuah kata, kalimat, paragraf, atau karangan utuh. Huruf yang dicetak miring adalah penanda yang mengacu ke beberapa informasi, antara lain sebagai penekanan, kutipan dari bahasa asing, istilah latin, nama penerbitan (koran, majalah, dan lain-lain). Jika ditulis dengan menggunakan mesin tik manual atau tulisan tangan, huruf miring diganti dengan garis bawah. Garis bawah hendaknya ditulis per kata, bukan per kalimat.
Contoh:
Artikelnya yang berjudul “Perkembangan Sains dan Teknologi di Indonesia” dimuat pada koran Media Indonesia (Salah)

Artikelnya yang berjudul “Perkembangan Sain dan Teknologi di Indonesia” dimuat pada koran
  Media  Indonesia (Betul)

Kriteria Penulisan Huruf Miring:
Huruf miring dalam cetakan dipakai untuk menuliskan nama buku, majalah, dan surat kabar yang dikutip dalam tulisan. Huruf miring dalam cetakan dipakai untuk menegaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, kata, atau kelompok kata.

a. Huruf miring dalam cetakan dipakai untuk menuliskan kata atau ungkapan yang bukan bahasa Indonesia.

b.Ungkapan asing yang telah diserap ke dalam bahasa Indonesia penulisannya diperlakukan sebagai kata Indonesia

Demikian pembahasan kita mengenai Kaidah Dan Fungsi Penulisan Huruf Miring Dalam Materi Bahasa Indonesia. Nantikan pembahasan materi pelajaran lainnya dari JalurPrestasi.info Selanjutnya.

Tidak ada komentar