Header Ads

Kaidah Penulisan Huruf Kapital Dalam Pedoman Umum EYD

Pedoman umum yang harus kalian ingat dalam pelajaran bahsa indonesia yang kaitannya dengan penulisan huruf kapital atau huruf besar. Disini ada 12 ( dua belas ) point penting yang harus kalian ingat untuk penempatan huruf kapital yang sesuai denga EYD.

Beberapa dari kita mungkin sering sekali menyepelekan materi yang satu ini yaitu tentang kaidah penulisan huruf kapital,  namun sebenarnya ini merupakan materi yang sangat penting bagi kita. Dimana salah satu penilaian dalam kecakapan dan kemampuan dalam berbahasa indonesia dapat dilihat dari tulisan yang kita buat dan dengan penempatan huruf kapital yang benar dan tepat dari situ dapat dilihat seberapa tinggi kita menguasi pelajaran bahasa indonesia.

Kaidah Penulisan Huruf Kapital Dalam Pedoman Umum EYD


Baiklah ttidak terlalu banyak muqodimah dari admin kali ini langsung saja kita pelajari bersama mengenai kaidah penulisan huruf kapital dalam pedoman umum EYD . Berikut ini disajikan beberapa hal yang masih perlu kita perhatikan.

  1. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama pada awal kalimat.
  2. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama petikan langsung.
  3. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam menulis ungkapan yang berhubungan dengan hal keagamaan, kitab suci, dan nama Tuhan, termasuk kata ganti untuk Tuhan.
  4. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang.
  5. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang, nama instansi, atau nama tempat.
  6. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku, dan bahasa.
  7. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa sejarah.
  8. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama khas geografi.
  9. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama resmi badan, lembaga pemerintahan, dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi.
  10. Huruf kapital dipakai dalam singkatan nama gelar dan sapaan.
  11. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman yang dipakai sebagai kata ganti sapaan.
  12. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata ganti orang kedua (Anda)
Demikian 12 point penting yang berkaitan dengan Kaidah Penulisan Huruf Kapital Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar