Header Ads

Daftar 13 Jenis Bunga Dengan Bentuk Unik

"Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri; maka apakah kamu tidak memperhatikan?"
[adz-Dzâriyât/51:20-21]
.
Tuhan menciptakan begitu banyak mahluk hidup dengan segala keanekaragaman dan fungsinya. Mulai dari jasad renik yang tak terlihat hingga hewan dan tumbuhan yang besar menjulang. Diantara mahluk hidup yang kita temui sehari-hari, kadang kita temukan bentuk-bentuk unik yang membuat kita terpana. Salah satunya adalah bentuk-bentuk bunga yang kadang menyerupai hewan atau bentuk lain.


1. Bleeding Heart Flower (Dicentra spectabilis)

Bunga hati berdarah ini tumbuh di Amerika Utara pada padang rumput yang teduh dan tepi hutan yang terbuka. Mereka mekar di musim semi dan dapat bertahan sampai musim panas jika cuacanya masih cukup dingin karena pada cuaca panas bunga ini akan memasuki masa dormansi (tidak tumbuh).



Bentuk bunga ini seperti hati lalu dibagian bawahnya seperti ada tetesan darah yang keluar dari dalam hati tersebut, maka bunga ini disebut bunga hati berdarah. Tanaman ini bisa mencapai tinggi 2-3 m. Bunganya menggantung dengan rapi pada batang yang melengkung. Bunga tanaman ini ada yang berwarna merah muda dan ada juga yang putih. Tapi warna merah muda lebih cocok untuk nama yang diberikan. 


2. Red Lips Flower (Psychotria elata)

Bunga ini berbentuk seperti bibir yang menggunakan lipstik merah menyala sehingga terlihat sexy. Penampakannya yang atraktif sepertinya untuk menarik hewan penyerbuk seperti burung kolibri ataupun kupu-kupu. Tapi bentuk bibir ini sebenarnya adalah kelopak bunga, bukan mahkotanya. Bentuk bibir mencium ini hanya sementara hingga akhirnya kelopak terbuka memperlihatkan bunga kuning dan putih kecil di dalamnya.





Tanaman tropis ini dapat ditemukan di hutan hujan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Karena kepopuleran mereka diantara kolektor dan penggundulan hutan tempat habitat asli mereka, bunga ini terancam punah.


3. Flying duck orchid (Caleana major)

Anggrek ini ditemukan di Selatan Australia. Penampakannya yang menyerupai bebek dan warna ungu dengan gradasi merah yang pekat menarik serangga untuk membantu penyerbukannya. 


Bunga ini tumbuh di alam liar Australia dan belum pernah disebarkan karena untuk tumbuh mereka butuh bersimbiosis dengan dengan jamur vegetatif jenis tertentu yang hanya ada di Australia.


4. Monkey face orchid (Dracula simia)

Nama Dracula simia yang diberikan pada bunga ini karena dua mahkota bawahnya mirip dengan taring dracula serta "simia" yang artinya mirip primata dengan dua mata yang gelap serta bentuk hidungnya. 


Anggrek epifit ini bahkan akan terlihat sangat mirip dengan monyet  jika dilihat dari jauh.  Mereka bisa mekar di musim apa saja dan baunya seperti jeruk yang matang. Bunga ini ada beberapa macam dan terlihat seperti monyet dengan ekspresi wajah yang berbeda juga. Akan tetapi ini termasuk bunga yang sangat langka.


5. Dancing Girl Impatiens (Impatiens Bequaertii)

Impatiens Bequaertii adalah spesies langka dari hutan hujan di Afrika Timur. Mahkotanya menyerupai seorang gadis kecil yang memakai rok dengan lengan terentang sehingga terlihat seperti sedang menari.  Warnanya putih atau merah muda yang lembut dan memiliki 2 titik seperti tombol yang berwarna kuning. Daunnya yang berbentuk seperti hati berwarna hijau dengan bagian bawah berwarna merah anggur begitu juga cabangnya. 


Bunga ini termasuk mungil dimana ia hanya tumbuh sekitar satu kaki dan mekar sepanjang setengah inchi. Gadis penari ini akan berakar dimanapun mereka menyentuh tanah.


6. Anggrek balerina (Caladenia melanema)

Anggrek dengan warna oranye dan putih ini bentuknya menakjubkan karena menyerupai balerina. Lihat bagaimana bentuknya menyerupai lengan  seorang yang sedang menari balet, disertai mahkotanya yang menyerupai tutu (rok balet). 


Caladenia melanema adalah tanaman yang mungil dan merupakan anggrek terestrial yang tumbuh sendiri atau berkelompok di berbagai belahan Australia. Kelinci perumput dan kangguru merupakan ancaman bagi mereka. 

7. Hanging naked man (Orchis Italica)

Bunga asli Mediterania ini warnanya merah muda yang cerah atau ungu. Bunganya bergerombol dan jika diperhatikan lebih dekat bunganya terlihat seperti pria tanpa busana dengan mata yang gelap dan sedikit senyum angkuh.


Anggrek pria menggantung ini termasuk spesies yang terancam kelestariannya dikarenakan populer untuk beberapa khasiat kesehatannya.  

8. Lady orchid (Orchis purpurea)

Bunga ini disebut anggrek wanita karena kalau diperhatikan seperti sosok wanita yang mengenakan rok dan topi. Anggrek dengan warna putih dan dihiasi totol-totol ungu ini bisa dianggap pasangan dari sang hanging naked man orchid atau anggrek pria telanjang yang bergantungan.


Anggrek ini sudah sangat langka di Inggris tetapi lebih mudah ditemukan di Italia atau Perancis dimana masih leluasa berbunga. Di Semenanjung Gargano di italia Selatan, anggrek ini dapat tumbuh setinggi satu meter dan memiliki bunga bertingkat yang sangat padat. 

9. Parrot flower (Impatiens psittacina)

Bunga yang mirip burung beo ini tumbuh di Thailand, Myanmar (dahulu Burma) dan sebagian dari India timur dan anggota genus Impatiens yang langka, "Impatiens psittacina". Kata "psittacina" diterjemahkan sebagai "seperti burung beo". Di Thailand juga merupakan spesies yang dilindungi dan tidak diperbolehkan untuk diekspor.


Tumbuhan ini diidentifikasi di Royal Botanical Garden Kew pada tahun 1901 dan ditemukan pada tahun 1899 di Shaw, Burma. Menurut penanamnya bunga ini sangat sulit untuk ditumbuhkan dan membutuhkan penyerbuk alam lokal untuk memproduksi benih. Ia juga membutuhkan pH tanah sangat spesifik untuk tumbuh baik dan menghasilkan warna "biru".



10. Bee orchid (Orphys apifera) dan Laughing bumblebee orchid (Ophrys Bombyliflora)

Anggrek ini juga aslinya dari Mediterania. Bentuknya yang lucu dan gendut mirip seperti lebah. Untuk Ophrys Bombyliflora malah lebih mirip seekor lebah yang sdang tertawa karena bagian atasnya seperti mulut yang lebar. Nama "orphys" diambil dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti alis.


Bunga ini asli dari Malta, dan semakin langka karena proses pertumbuhannya yang sulit. Anggrek lebah ini membutuhkan hubungan simbiosis dengan jenis jamur tertentu agar dapat tumbuh. Anggrek ini tumbuh di padang rumput. Pewarnaan dan aromanya mirip dengan lebah betina sehingga menarik lebah jantan untuk mendekati dan melakukan penyerbukan. 

11.  Angel orchid (Habenaria grandifloriformis)

Ditemukan di bagian Selatan India pada ketinggian 1000 meter. Tumbuh di padang rumput terbuka  sangat memikat dengan warnanya yang putih bersih di atas rumput liar yang hijau. Biasanya berdaun satu dengan bentuk hati dan bulat, tergeletak di tanah. Merupakan tumbuhan terestrial yang tumbuh setinggi 12 cm dengan umbi tunggal. Mahkotanya menyerupai bidadari bersayap yang cantik.


12. Dove orchid  (Peristeria elata)

Bunga ini ditemukan di Amerika tengah sampai Ekuador dan Venezuela dan merupakan bunga nasional Panama. Bunga ini disebut dove orchid karena kalau dilihat ke bagian dalamnya seperti ada seekor merpati kecil dengan sayap yang terbuka lebar. 


Kalau umumnya anggrek tumbuh pada pohon atau di dekat pohon, anggrek yang satu ini berbeda. Ia tumbuh di permukaan tanah dan kadang di bebatuan. 

13. White egret orchid (Habenaria radiata)

Bunga ini dapat ditemukan di China, Jepang, Korea dan Rusia. Bunga ini terlihat seperti burung egret putih dengan sayapnya yang mengepak. Bunga ini juga ternyata berhasil dikembangkan di Amerika Serkat. 


Bunga ini tumbuh sepanjang batang tunggal dimana satu batangnya dapat tumbuh hingga sepuluh bunga. Anggrek ini dapat tumbuh setinggi 16 inchi.

Sebenarnya masih banyak bunga-bunga yang bentuknya unik di alam kita yang tentu saja akan terlalu banyak untuk disebutkan disini. Jika kita lihat dari contoh-contoh di atas ternyata banyak juga bunga- bunga yang bentuknya unik tersebut adalah anggrek. Kamu bisa menemukannya lebih banyak.

Tidak ada komentar