Header Ads

Daftar 5 Universitas Tertua Di Dunia Yang Masih Eksis

Belajar adalah proses alami manusia untuk dapat bertahan dalam kehidupannya. Dengan belajar, manusia menemukan hal-hal yang dibutuhkan untuk bertahan hidup serta memenuhi keingintahuannya. Dalam sejarah manusia telah banyak dikenal orang-orang yang pandai dan ahli dalam bidang-bidang tertentu. 

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, dibutuhkan institusi pendidikan yang menjadi tempat dimana orang-orang yang ingin belajar suatu ilmu berkumpul bersama-sama mempelajarinya dengan seorang yang lebih ahli untuk mengajar. Universitas adalah suatu institusi pendidikan dan penelitian yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Institusi-institusi yang telah berdiri lama melewati waktu dan mampu bertahan dengan tuntutan jaman dan perkembangan ilmu pengetahuan banyak tersebar di dunia. Ketika pendidikan telah menjadi kebutuhan, manusia mencari universitas-universitas yang telah berpengalaman dan terpercaya menghasilkan lulusan-lulusan terbaiknya. Mungkin salah satu dari universitas-universitas tertua di dunia ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk anda atau anak anda meneruskan jenjang pendidikan.


1. Universitas Al Qawariyyin




 Awalnya Al-Qarawiyyin adalah bagian dari masjid, didirikan pada tahun 859 oleh Fatima al-Fihria, putri seorang pedagang kaya bernama Muhammad Al-Fihri. Keluarga Al-Fihri telah bermigrasi dari Kairouan (di sinilah asal nama masjid), Tunisia ke Fes, Maroko pada awal abad ke-9, bergabung dengan komunitas pendatang lainnya dari Kairouan yang telah menetap di sebuah distrik barat kota. Fatima dan kakaknya Mariam, keduanya adalah orang yang berpendidikan, mewarisi sejumlah besar uang dari ayah mereka. Fatima berjanji untuk menghabiskan seluruh warisannya pada pembangunan masjid yang cocok untuk komunitasnya.

A-Qawariyyin berkembang menjadi tempat belajar agama dan diskusi politik. Universitas ini telah dan terus menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka dari dunia Muslim. Keberadaan universitas ini sebagai Universitas Abad Peetengahan mendapat restu dan perlindungan penuh dari Sultan penguasa Kerajaan Maroko. Kemudian, pada tahun 1957, berkembang dengan dilengkapi bidang ilmu matematika, fisika, kimia, dan bahasa asing.
Institusi Al-Qarawiyyin dianggap oleh buku Guinness Book of World Records , UNESCO dan banyak sejarawan sebagai universitas pemberi gelar akademik tertua yang masih beroperasi di dunia. Namun, klaim ini ditentang oleh sejarawan lain yang menganggap bahwa universitas-universitas abad pertengahan di dunia Islam dan universitas Eropa abad pertengahan diikuti lintasan sejarah sangat berbeda sampai sebelumnya diperluas untuk yang terakhir dalam zaman modern, dan sertifikat yang diberikan dalam universitas non-Eropa menyimpang dalam konsep dan prosedur dari doktoral abad pertengahan di mana gelar universitas modern berevolusi.


2. Universitas Al Azhar


Universitas Al-Azhar berada di ibukota Mesir, Kairo, dimana universitas ini didirikan antara tahun 970-972. Pada awalnya Al Azhar menggunakan konsep lembaga pendidikan Madrasah yang hanya mengajar siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah atas. Walaupun baru mendapatkan status universitas pada tahun 1961, Universitas Al azhar dikenal sebagai pelopor pendidikan tinggi di dunia terutama di kalangan cendikiawan Muslim.  Selain sebagai universitas tertua di dunia setelah Al-Qarawiyyin, universitas ini juga merupakan salah satu pusat pendidikan utama sastra dan literatur Arab, Islam Sunni, dan berbagai pembelajaran Al-Quran.

Selain itu, di universitas ini juga diajarkan ilmu pengetahuan modern dan juga terdapat sebuah perpustakaan yang dianggap sebagai harta karun Islam. Karena hal itulah, banyak ulama-ulama besar yang belajar ditempat ini, termasuk juga ulama-ulama Indonesia. 


 Dalam sejarahnya Al Azhar sering menjadi korban kekacauan politik di negerinya. Salah satu yang paling fenomena adalah perang antar khalifah pada abad ke-12 yang membakar lebih dari 100.000 catatan ilmiah. Kini Al- Azhar juga menawarkan program pendidikan bisnis, ekonomi, sains, kedokteran, teknik juga pertanian untuk mempertahankan eksistensinya.

3. Universitas Bologna



Universitas ini adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang didirikan di Eropa pada tahun 1088, di Bologna, Italia. Sejak didirikan hingga saat ini Universitas Bologna tidak pernah menghentikan kegiatan pendidikannya. 

Pada zaman Abad Pertengahan, universitas ini hanya mengajarkan program studi tingkat doktor namun kini banyak program studi kesarjanaan. Universitas Bologna termasuk universitas yang berada di peringkat atas hingga masa perang dunia kedua. Pada masa itu, para pemimpin menempatkan mahasiswa-mahasiswa mereka di universitas untuk menjalin hubungan dengan institusi-institusi di negara yang lebih maju untuk memperkuat filosofi pendidikannya. 

Hingga saat ini, Universitas yang sudah memiliki 23 fakultas ini masih dianggap sebagai salah satu universitas yang maju dan terbaik dalam hal sistem pendidikan di Eropa. Dan fakta uniknya adalah kata Almamater yang kita kenal ternyata berasal dari universitas ini yaitu moto Almamater Studi.

4. Universitas Paris



Tidak jelas siapa pendiri universitas ini dan tidak ada catatan pasti yang menyebutkan kapan universitas ini berdiri. Namun, proses belajar mengajar di universitas ini telah berlangsung sejak 1096. Kemudian, terjadi reorganisasi menjadi 13 universitas otonomi pada tahun 1970. Seringkali disebut sebagai Sorbonne setelah College de Sorbonne yang didirikan sekitar tahun 1257. Universitas ini berkembang pada akhir abad 12 di wilayah Katedral Notre Dame sebagai sebuah pusat pembelajaran bidang seni, kedokteran, hukum, dan teologi. 

Universitas ini sempat dihentikan operasinya antara tahun 1793 sampai 1896 karena Revolusi Perancis yang menggulingkan Raja Louis XVI.  Sampai sekarang, universitas ini menjadi salah satu universitas paling terkenal dan prestisius di dunia, dimana sudah banyak para Ilmuwan, pemenang Nobel, hingga politikus yang menempuh pendidikan di universitas ini.

Universitas ini telah dipecah menjadi 13 universitas mandiri yang kampus-kampusnya tersebar di seluruh wilayah kota Paris. Bebrapa diantaranya mendapatkan peringkat tertinggi seperti Universite Pierre et marie Curie dan Universite Paris-Sud. 

5. Universitas Oxford



Universitas Oxford adalah salah satu universitas tertua di dunia yang terletak di kota Oxford, Inggris. Seperti juga Universitas Paris, universitas ini juga tidak jelas kapan didirikannya, tapi secara formal disebutkan bahwa universitas Oxford didirikan pada tahun 1096.

Universitas ini berkembang pesat setelah Raja Inggris saat itu yaitu Raja Henry II melarang mahasiswa-mahasiswa Inggris belajar di universitas Paris pada tahun 1167. Universitas Oxford sempat ditutup dua kali. Pertama, pada tahun 1209 dan tahun 1355 karena kerusuhan St Scholastica. Saat ini, universitas berbahasa Inggris tertua ini, memiliki 38 jurusan dengan struktur internalnya masing-masing. 


Hingga sekarang universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di dunia dimana beberapa Perdana Mentri Inggris serta pemenang hadiah Nobel tercatat sebagai alumninya. Salah satu alumninya yang terkenal adalah Stephen William Hawkings, seorang Profesor Matematika terkenal dan ahli fisika Teori Gravitasi Kuantum.

Tidak ada komentar