Header Ads

Materi LengkapCara Menghitung Volume Balok Beserta Contoh Soalnya Lengkap Terbaru

Pengertian Balok
Balok adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai 12 rusuk dan 6 bidang permukaan sisi yang masing-masing bidangnya berbentuk persegi atau persegi panjang.

Panjang, Lebar dan Tinggi Sebuah Balok
Sebuah balok mempunyai12 rusuk. Masing masing rusuk bisa dikatakan sebagai rusuk panjang, rusuk lebar, dan rusuk tinggi tergantung sudutpandang orang yang melihat bangun ini. Terdapat 4 buah rusuk sama panjang yang bisa di sebut rusuk panjang, terdapat 4 rusuk sama panjang yang bisa di sebut rusuk lebar, serta terdapat 4 rusuk sama panjang yang di sebut rusuk tinggi.

Rumus Matematika pada Balok
Rumus balok ada beberapa macam yaitu rumus panjang kerangka balok, rumus panjang diagonal balok, rumus panjang diagonal ruang balok, rumus luas permukaan balok dan rumus volume balok.

Rumus Menghitung Volume Sebuah Balok
Untuk menghitung volume atau isi sebuah balok, yang perlu diketahui adalah ukuran panjang, lebar, dan tinggi balok tersebut. Untuk menghitung volume atau isi sebuah kotak, maka harus diketahui dimensi panjang, lebar, dan tinggi kotak tersebut. Rumus untuk menghitung volume balok adalah:

volume balok = panjang x lebar x tinggi

Rumus menghitung volume kotak atau balok
Rumus ini biasa ditulis dengan singkat seperti berikut V = P x L x T. Yang harus diperhatikan dalam menghitung volume sebuah balok adalah ukuran panjang, lebar, dan tinggi harus dalam satuan yang sama. Untuk satuan volume balok atau bangun ruang lainnya adalah satuan kubik misalnya centimeter kubik (cm³), milimeter kubik (mm³) , meter kubik (m³), dan lain-lain.

Contoh Perhitungan Volume Balok

Contoh Soal:
Sebuah aquarium berbentuk balok memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 12 cm, 8 cm, dan 10 cm. hitunglah berapa volume aquarium tersebut?
Jawab:
  • volume aquarium berbentuk balok = panjang x lebar x tinggi
  • Volume balok = 12 cm x 8 cm x 10 cm = 960 cm³.
  • Jadi volume aquarium tersebut adalah 960 cm³.


Contoh Soal Menghitung Volume Balok jika diketahui panjang, lebar, dan panjang diagonal ruangnya:
Hitunglah volume balok jika diketahui panjang 24cm, lebar 18cm, dan panjang diagonal ruangnya 34cm.
Jawab:

Rumus panjang diagonal ruang balok = √ p² + l² + t²

Maka 34 = √ 24² + 18² + t²
34 = √ 576 + 324 + t²
34 = √ 900 + t²
34² = 900 + t²
t² = 34² - 900
t² = 1156 - 900
t² = 256
t = √256
t = 16cm

Vol balok = P x L x T
= 24 x 18 x 16
= 6912cm³

cara diatas bisa kamu gunakan untuk variasi soal mencari volume balok jika hanya diketahui lebar, tinggi dan panjang diagonal ruang serta soal mencari volume balok jika hanya diketahui panjang, tinggi dan panjang diagonal ruang.

Contoh Soal:
Sebuah balok es dengan bentuk kubus mempunyai ukuran rusuk 5 cm. Hitunglah berapa volume balok es tersebut?
Jawab:
Kubus mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi rusuk yang sama panjangnya, dalam soal ini panjang rusuk kubus 5 cm, lebar kubus 5 cm dan tinggi kubus 5 cm.
Volume balok es berbentuk kubus = 5 cm x 5 cm x 5 cm = 125 cm³.

Contoh Soal:
Sebuah papan kayu memiliki ukuran panjang 5 meter, lebar 50 cm, dan tebal 3 cm. Hitunglah berapa volume papan kayu tersebut?
Jawab:
Karena dimensi ukuran papan kayu mempunyai satuan yang tidak sama maka terlebih dahulu satuannya harus disamakan, dalam soal ini kita akan memakai satuan cm, maka ukuran papan kayu tersebut jika dirubah kedalam cm adalah panjang 500 cm, lebar 50 cm dan tinggi 3 cm.
Volume papan kayu = 500 cm x 50 cm x 3 cm = 75.000 cm³.

Tidak ada komentar